Contoh Naskah Video Pembelajaran


NASKAH VIDEO PEMBELAJARAN

“CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP”

A. LATAR BELAKANG

Guru adalah seseorang yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Tanpa adanya guru, kecil kemungkinan siswa dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan maksimal. Namun pada suatu saat guru juga dapat menghadapi kesulitan dalam proses pembelajaran. Misalkan pada saat memberikan pembahasan materi mengenai suatu pokok bahasan, banyak siswa yang kurang mengerti terhadap materi yang dijelaskan. Hal ini terjadi karena guru hanya menjelaskan pelajaran yang sulit dimengerti dengan kata-kata saja, meskipun telah diselingi dengan contoh.

Berdasarkan kenyataan tersebut peran media dalam pembelajaran sangatlah besar untuk membantu proses pembelajaran itu sendiri. Dalam menjelaskan pokok bahasan kepada siswanya, guru dapat menggunakan media yang sesuai, baik itu media audio, visual, ataupun media audio visual.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebanyakan dari manusia lebih dapat memahami dan mengerti apa yang dilihat dan didengar secara langsung oleh panca inderanya. Berdasarkan hal tersebut di atas, saya membuat sebuah media pembelajaran yang berbentuk audio visual. Media ini adalah media video pembelajaran yang berjudul “Ciri-Ciri Mahluk Hidup”. Dengan media ini, diharapkan dapat membantu guru maupun siswa untuk memaksimalkan proses pembelajaran.

B. SASARAN ATAU AUDIENS

Program video pembelajaran ini ditujukan kepada siswa-siswi SMP/MTs kelas VII semester I, pada mata pelajaran Biologi.

C. TUJUAN PROGRAM

Setelah menyaksikan dan menyimak program video pembelajaran ini, diharapkan siswa-siswi dapat:

  • Mengerti dan memahami ciri-ciri dari mahluk hidup, seperti bernafas, bergerak, makan dan minum, tumbuh, berkembang biak, peka terhadap rangsangan, dan mengeluarkan zat sisa.
  • Membedakan mahluk hidup dengan benda mati.

D. DURASI WAKTU

Durasi waktu video pembelajaran ini yaitu 25 menit.

E. FORMAT PROGRAM

Program ini menggunakan format video dokumenter.

F. GARIS BESAR ISI PROGRAM

Dalam video pembelajaran ini berisi tentang ciri-ciri mahluk hidup, seperti:

  • Bernafas (Respirasi)
  • Bergerak
  • Memerlukan makanan dan minuman
  • Tumbuh
  • Berkembang biak (Reproduksi)
  • Peka terhadap rangsangan (Iritabilitas)
  • Mengeluarkan zat sisa (Ekskresi)

G. SINOPSIS

Program ini menampilkan sebuah video dokumenter tentang ciri-ciri mahluk hidup dengan durasi waktu 25 menit. Tampilan awal dimulai dengan intro atau pembukaan dengan menampilkan beberapa gambar mahluk hidup dan benda mati., lalu diikuti dengan judul dari video ini. Setelah itu bagian-bagian film dari shot-shot dan sekuen-sekuen dokumenter yang menceritakan tentang ciri-ciri mahluk hidup, mulai dari bernafas sampai ekskresi ditampilkan. Dari penampilan tersebut diselingi dengan penampilan presenter yang menjelaskan tentang pengertian dari berbagai macam ciri mahluk hidup tersebut, dan juga beberapa teks atau tulisan tentang ciri-ciri mahluk hidup. Selain itu terdapat juga musik-musik pengiring, baik musik pembukaan, musik pengiring shot, musik jeda, dan musik penutupnya.

H. TREATMENT PROGRAM

  1. Pada awal program ditampilkan beberapa gambar mahluk hidup dan benda mati, yang diikuti dengan caption “Mempersembahkan Video Pembelajaran” yang dilanjutkan dengan caption “Ciri-Ciri Mahluk Hidup” sebagai judul program, dan caption “Untuk Kelas VII SMP/MTs” sebagai penanda video ini untuk siapa, serta caption “Selamat Menyaksikan” sebagai tanda bahwa film akan dimulai.
  2. Selanjutnya memperlihatkan potongan-potongan shot yang pendek dari ciri-ciri mahluk hidup.
  3. Lalu presenter berbicara sebagai pembukaan video yang menjelaskan garis besar isi video pembelajaran tersebut.
  4. Dimulai dari shot-shot film yang menggambarkan ciri mahluk hidup yang pertama yaitu bernafas, dan diiringi dengan suara presenter yang memberikan penjelasan tentang gambarnya. Begitu seterusnya sampai semua shot tentang ciri mahluk hidup habis.
  5. Di akhir film shot-shot pendek kembali ditangkan untuk mengingatkan kembali, lalu diikuti dengan presenter yang berbicara dan menyimpulkan isi film tentang ciri-ciri mahluk hidup tersebut serta mengatakan bahwa film tersebut telah selesai.
  6. Bagian paling akhir menayangkan kerabat kerja produksi film video pembelajaran, yang diikuti dengan caption “Sekian Dan Terima Kasih”.

I. SHOOTING SCRIPT

No Visual Audio
1 In BlackWipe

LS: Orang Berlari, Pohon, Batu, Sepeda MotorMusik Pembuka:Fade In: In-Up-Normal-Down2Fade InLS: Orang Berlari dan CU Caption “MEMPERSEMBAHKAN VIDEO PEMBELAJARAN”

Fade OutMusik:Fade In: Up-Normal3Fade InCU Caption Judul “CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP”

Fade OutMusik:Normal4Fade InCU Caption “UNTUK KELAS VII SMP/MTs”

Fade OutMusik:Normal5Fade InCU Caption “SELAMAT MENYAKSIKAN”

Fade OutMusik:Fade Out: Normal-Down-Out6In BlackMusik Penunggu7DissolveMCU: Orang yang sedang merokok

MCU: Orang yang sedang makan

MS: Orang yang sedang berlari

LS: Anak kecil, orang dewasa, dan orang tua

CutMusik Tema:Fade In: In-Up-Normal-Down8Fade InMS: Presenter berdiri di taman dekat pohon-pohonan

Fade OutMusik Latar:Fade In-Normal-Down

Live:

Adik-adik siswa-siswi yang saya banggakan. Dalam video pembelajaran ini, akan menayangkan film yang membahas tentang ciri-ciri mahluk hidup.

Setelah menyaksikan video ini, adik-adik diharapkan dapat mengerti dan memahami tentang ciri-ciri mahluk hidup, serta dapat membedakannya dengan benda mati.9DissolveIn Black

CU Caption “CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP”

CU Caption “BERNAFAS (RESPIRASI)”Musik Smash10DissolveMS: Orang-orang yang sedang merokok

MS: Orang menghela nafas ngos-ngosan

LS: Sapi yang sedang duduk

CU: Ikan berenang

ECU: Ikan berenang

Fade OutMusik Latar:Fade In-Up-Normal-Down

Off Screen Voice (OSV)

Ciri mahluk hidup yang pertama adalah bernafas atau respirasi. Bernafas yaitu proses pengambilan oksigen dari luar tubuh untuk proses pembakaran bahan makanan di dalam tubuh, dan mengeluarkannya dalam bentuk karbondioksida. Manusia dan hewan mamalia menggunakan paru-paru mereka untuk bernafas, sedangkan hewan laut menggunakan insang untuk pernafasan mereka.11In BlackCU Caption “CIRI YANG KEDUA”

CU Caption “BERGERAK”Musik Smash12DissolveLS: Orang-orang yang sedang berjalan

LS: Anjing Berlari

LS: Orang-orang yang sedang berlari

MS: Ikan berenang

MS: Orang yang sedang menggerakkan tangan

CU: Tumbuhan

LS: Ayam

Fade OutMusik Latar:Fade In-Up-Normal-Down

Off Screen Voice (OSV)

Ciri mahluk hidup yang kedua yaitu bergerak. Gerak adalah kemampuan mahluk hidup untuk menggerakkan bagian tubuhnya, dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kemampuan manusia, hewan dan tumbuhan dalam bergerak tidak sama. Gerak manusia dan hewan mudah kita amati, karena mereka melakukan gerakan dengan tangan dan kakinya. Sedangkan gerakan pada tumbuhan tidak mudah untuk diamati, tumbuhan bergerak mengikuti arah datangnya cahaya.13In BlackCU Caption “CIRI YANG KETIGA”

CU Caption “MEMERLUKAN MAKANAN DAN MINUMAN”Musik Smash14DissolveCU dan MS: Orang-orang yang sedang makan/ngemil

MS: Ikan sedang makan

LS: Ayam sedang makan

CU dan MS: Orang-orang yang sedang minum

CU dan MS: Tumbuhan

LS: Sapi sedang makan

Fade OutMusik Latar:Fade In-Up-Normal-Down

Off Screen Voice (OSV)

Ciri mahluk hidup yang ketiga yaitu memerlukan makan dan minum. Makanan dan minuman diperlukan oleh mahluk hidup untuk mendapatkan energi, membangun tubuhnya, dan mengganti bagian-bagian tubuh atau sel-sel tubuh yang rusak. Manusia memakan daging dari hewan yang bisa dimakan, dan memakan biji-bijian atau buah-buahan dari tumbuhan. Hewan juga memakan daging dan tumbuhan. Sedangkan tumbuhan hanya menyerap air dan unsur hara dalam tanah sebagai makanannya.15In BlackCU Caption “CIRI YANG KEEMPAT”

CU Caption “TUMBUH”Musik Smash16DissolveMS dan LS: Bayi, anak-anak, orang dewasa, dan orang tua.

LS: Anak dan induk ayam

LS: Anak dan induk sapi

LS: Anak dan induk kambing

CU dan MS: Tumbuhan kecil dan besar

Fade OutMusik Latar:Fade In-Up-Normal-Down

Off Screen Voice (OSV)

Ciri mahluk hidup yang keempat yaitu tumbuh. Tumbuh berarti bertambah besarnya ukuran mahluk hidup, berarti yang semula kecil menjadi besar. Pertumbuhan terjadi karena adanya penambahan jumlah sel dan ukuran sel yang membangun tubuh mahluk hidup tersebut. Pertumbuhan pada mahluk hidup dipengaruhi oleh faktor dalam dan faktor luar. Faktor dalam, yaitu adanya zat hormon pertumbuhan dan keturunan. Sedangkan faktor luar misalnya lingkungan tempat tinggal.17In BlackCU Caption “CIRI YANG KELIMA”

CU Caption “BERKEMBANG BIAK (REPRODUKSI)”Musik Smash18DissolveLS: Ayam betina dan jantan, anak ayam

CU: Telur

MS dan LS: Suami, istri dan bayi

CU dan MS: Tumbuhan

Fade OutMusik Latar:Fade In-Up-Normal-Down

Off Screen Voice (OSV)

Ciri mahluk hidup yang kelima yaitu berkembang biak atau reproduksi. Berkembang biak adalah kemampuan mahluk hidup untuk menghasilkan keturunan. Pada umumnya semua mahluk hidup berkembang biak dengan cara seksual atau kawin. Tapi ada beberapa mahluk hidup yang bisa melakukan perkembangbiakan secara aseksual atau tidak kawin. Tujuan utama mahluk hidup berkembang biak adalah untuk mendapatkan keturunan dan mempertahankan kelangsungan hidup jenisnya.19In BlackCU Caption “CIRI YANG KEENAM”

CU Caption “PEKA TERHADAP RANGSANGAN (IRITABILITAS)”Musik Smash20DissolveMS: Orang yang bercanda (salah seorang mencubit orang yang satunya)

MS: Orang yang menghalangi sinar matahari, dengan tangannya

CU dan MS: Tumbuhan

Fade OutMusik Latar:Fade In-Up-Normal-Down

Off Screen Voice (OSV)

Ciri mahluk hidup yang keenam yaitu peka terhadap rangsangan atau iritabilitas. Mata dapat melihat karena ada rangsangan cahaya. Kulit juga akan terasa sakit jika dicubit orang. Sedangkan beberapa tumbuhan akan menyiutkan daunnya jika disentuh oleh benda lain seperti putri malu atau lamtoro. Hal ini menunjukkan bahwa setiap mahluk hidup peka terhadap rangsangan dari luar.21In BlackCU Caption “CIRI YANG TERAKHIR”

CU Caption “MENGELUARKAN ZAT SISA (EKSKRESI)”Musik Smash22DissolveMS: Orang-orang yang sedang merokok

CU: Orang yang keringatan

LS: Sapi dengan kotorannya

MCU: Orang sedang membersihkan kaca(menghembushan nafasnya ke arah kaca)

CU dan MS: Tumbuhan

MS: Kambing dengan kotorannya

Fade OutMusik Latar:Fade In-Up-Normal-Down

Off Screen Voice (OSV)

Ciri mahluk hidup yang terakhir yaitu mengeluarkan zat sisa atau ekskesi. Zat sisa dikeluarkan dari tubuh mahluk hidup sebagai hasil dari proses metabolisme tubuh. Manusia dan hewan mengeluarkan zat sisa dalam bentuk kotoran, air seni, keringat dan karbondioksida. Sedangkan tumbuhan mengeluarkan zat sisa berupa karbondioksida sebagai sisa dari proses pernapasan dan oksigen sebagai sisa proses fotosintesis.23In BlackMusik Penunggu24Fade InMS: Presenter duduk di sebuah taman

Fade OutMusik Latar:Fade In-Normal-Down

Live:

Adik-adik siswa-siswi yang saya banggakan. Demikianlah tayangan video pembelajaran tentang ciri-ciri mahluk hidup. Semoga video ini bermanfaat bagi adik-adik semua, sampai jumpa lagi di lain kesempatan.25In BlackMusik Penunggu26Fade InMCU: Orang yang sedang merokok

LS: Ayam betina dan jantan, anak ayam

MCU: Orang yang sedang makan

MS: Orang yang bercanda (salah seorang mencubit orang yang satunya)

MS: Kambing dengan kotorannya

LS: Anak kecil, orang dewasa, dan orang tua

MS: Orang yang sedang berlari

Fade OutMusik Tema:Fade In: In-Up-Normal-Down27CutCU: Animasi kerabat kerja

Penulis Naskah:…………………………

Sutradara:…………………………………

Presenter:………………………………….

Penata Musik:……………………………

Juru Kamera:…………………………….

Editing Film:…………………………….

Perlengkapan:……………………………Musik:Fade In: Up-Normal-Down28CutCU Caption “SEKIAN”

CU Caption “TERIMA KASIH”Musik:Fade In: Down-Under-Out

About these ads

22 Balasan ke Contoh Naskah Video Pembelajaran

  1. Zaim mengatakan:

    terima kasih, ini menjadi salah satu referensi saya dalam pembuatan vidoe pembelajaran dengan tajuk “peluangmu, peluangku, peluangkita” pada pokok konsep dasar peluang di SMA

  2. MUHAMAD KHOTIB mengatakan:

    Trima kasih atas contoh naskah ini sangat berguna buat saya

  3. sonni mengatakan:

    sonni berkata,

    wah,,,saya dapar ridho nih, cari data terus dapet.

    thanks mas Ridhotha.

    salam shooting abis..he3x.

  4. lulu mengatakan:

    Terima kasih contoh naskah nya, sangat membantu sekali…

  5. laila mengatakan:

    maaf, boleh tau gak apa yang dimaksud LS, CU, ECU, MLS pada naskah video?
    terima kasih sebelumnya

    • ridhotha mengatakan:

      Kalo LS: Long Shot (mengambil gambar dari jarak jauh), CU: Close Up (mngambil gambar yang terlihat objeknya), MLS: Medium Long Shot (mengambil gambar dari jarak yang tidak terlalu jauh/medium)
      terima kasih sudah membaca artikel saya….semoga bermanfaat….

    • ridhotha mengatakan:

      Kalo LS: Long Shot (mengambil gambar dari jarak jauh), CU: Close Up (mngambil gambar yang terlihat objeknya), MLS: Medium Long Shot (mengambil gambar dari jarak yang tidak terlalu jauh/medium)
      terima kasih sudah membaca artikel saya….semoga bermanfaat

  6. lailatul mengatakan:

    boleh tanya tentang maksud dari CU, LS, MS, MCU pada naskah video?
    thanks sebelumnya

    • ridhotha mengatakan:

      Kalo LS: Long Shot (mengambil gambar dari jarak jauh), CU: Close Up (mngambil gambar yang terlihat objeknya), MS: Medium Shot (mengambil gambar dari jarak yang tidak terlalu jauh/medium), MCU: Medium Close Up (mengambil gambar dari jarak dekat yang terlihatobjeknya antara pinggang sampai kepala)
      terima kasih sudah membaca artikel saya….seoga bermanfaat…

  7. azizahme mengatakan:

    trima kasih atas infonya
    sangat membantu tugas saya………

  8. Herlina Florensia mengatakan:

    Thankzz kak ridoo, jadiinya ada panduan bwd naskah video nee…

    sangad membantu di saaat kepepet…
    heeee

  9. ahmad nahrowi mengatakan:

    joss…..haha
    jd tau, ni brguna bgt wat pmbelajaran mjd artis,,,haha

  10. Dedi Mukhlas mengatakan:

    Makasih Infonya, mantaoz…

  11. Samad Hasim Jamlean mengatakan:

    saya mau adakan penelitian tentang film pembelajaran fisika mohon bantuannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: