Tugas OOP Ku


OBJEK DAN CLASS

  1. A. Bagian Pertama Objek dan Clas

a) Coding

Nama Clas: clas_mobil         Nama Package: untuk_clas

Nama Clas: Produk Mobil      Nama Package: untuk_clas

b) Hasil Running

c) Analisa Program

Program ini terdiri dari dua buah clas yang dapat saling berhubungan karena berada dalam package yang sama. Yaitu clas_mobil dan clas produk_mobil, serta dalam satu package untuk_clas serta berada dalam satu projek java tugas-individu, seperti gambar di bawah,

Dari clas pertama yaitu clas_mobil terdiri dari dua bagian yaitu bagian Atribut (merek, tipe, harga) yang berbentuk string. Dan Behaviour (isi dan cetak), isi dalam hal ini membutuhkan beberapa tipe string dari Atribut. Dalam metode ini harus dimasukkan tiga inputan yang berbentuk string, yaitu variable MerekMobil, TipeMobil dan HargaMobil.

Selanjutnya clas produk_mobil merupakan objek dari clas_mobil. Dari clas_mobil akan dibuat lima objek, pada clas produk_mobil yaitu:

Cara membuat sebuah objek adalah dengan jalan instanisasi sebuah class, strukturnya sebagai berikut :

(Nama class)   ( nama Objek )  =  new  (nama class) ( );

Setelah instanisasi objek dilakukan, jika ingin data apa saja yang ada di clas_mobil, cukup mengakses dengan objeknya saja tidak usah menuliskan kembali codingnya.

Beginilah cara objek yang ada pada clas produk_mobil mengakses data clas yang ada pada clas_mobil:

Pada sintak “isi” akan mengakses isi yang dituliskan pada clas_mobil yaitu merek mobil, tipe mobil dan harga mobil, sehingga penulisannya diurutkan dari merek sampai harga. Sedangkan pada sintak “cetak” akan mengakses isi yang dituliskan pada clas_mobil dan akan memunculkannya pada saat running programnya.

  1. B. Bagian Kedua Objek dan Clas

a) Coding

Nama Clas: warnet               Nama Package: beli

 

Nama Clas: billing                Nama Package: beli

 

b) Hasil Running

c) Analisa Program

Program ini terdiri dari dua buah clas yang dapat saling berhubungan karena berada dalam package yang sama. Yaitu clas “warnet” dan clas “billing”, serta berada dalam satu package “beli” serta berada dalam satu projek java tugas-individu2, seperti gambar di bawah,

Dari clas pertama yaitu clas warnet terdiri dari dua bagian yaitu bagian Atribut (Kom, Harga, Jam, Bayar) yang mana atribut Kom dan Harga berbentuk string dan atribut Jam berbentuk int, serta atribut Bayar berbentuk double. Perbedaan jenis pemakaian sintaks tersebut dikarenakan perbedaan kebutuhan data. Sedangkan bagian Behaviour (isi dan cetak), isi dalam hal ini membutuhkan beberapa tipe string dari Atribut. Dalam metode ini dimasukkan dua inputan yang berbentuk string, satu inputan berbentuk int dan satu inputan lagi berbentuk double.

Selanjutnya clas billing merupakan objek dari clas warnet. Dari clas warnet akan dibuat lima objek, pada clas billing yaitu:

Setelah instanisasi objek dilakukan, jika ingin data apa saja yang ada di clas warnet muncul, cukup mengakses dengan objeknya saja tidak usah menuliskan kembali codingnya.

Beginilah cara objek yang ada pada clas billing mengakses data clas yang ada pada clas warnet:

Pada sintak “isi” akan mengakses isi yang dituliskan pada clas warnet yaitu Kom, Harga, Jam dan Bayar, sehingga penulisannya diurutkan dari Kom sampai dengan Bayar. Sedangkan pada sintak “cetak” akan mengakses isi yang dituliskan pada clas warnet dan akan memunculkannya pada saat running programnya.

INHERITANCE

  1. A. Bagian Pertama Inheritance

a) Coding

Clas perkalian (clas ancestor)

Clas pembagian (clas decesor)

Clas pengurangan (clas decesor)

Clas tampilan (clas untuk menampilkan contoh)

b) Hasil Running

c) Analisa Program

Program ini merupakan program penurunan. Ada empat clas dalam program ini, semua clas itu dibuat pada package dan folder yang sama. Kelas pertama yaitu kelas “perkalian”, kelas ini merupakan kelas acesor atau kelas leluhur.

Dalam kelas perkalian terdapat atribut yang berupa variable integer “p, q, r, dan Hasil”, variable ini juga akan di tulis pada clas pembagian dan pengurangan. Selain itu terdapat juga integer kali dan tambah. Pada int “kali” sintaks yang ditulis adalah perkalian yang dituliskan dengan sintaks (Hasil=p1*q2*r3), sedangkan pada int “tambah” sintaks yang ditulis yaitu (Hasil=p1+q2+r3), dan untuk memunculkan pada saat running dituliskan sintaks “return Hasil”. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah.

Selanjutnya pada kelas pembagian, tidak perlu menuliskan lagi sintaks int kali dan int tambah, cukup menuliskan int bagi (Hasil=p1/q2/r3) untuk menyatakan pembagian. Karena pada hakikatnya kelas pembagian adalah kelas decesor atau turunan dari kelas perkalian, namun sebelum menjadi turunan dari kelas perkalian pada public clas pembagian harus di ikuti dengan sintaks extends perkalian, untuk menunjukkan bahwa kelas pembagian adalah turunan dari kelas perkalian.

“public class pembagian extends perkalian”

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar di bawah

Selanjutnya pada kelas pengurangan, dituliskan int kurang (Hasil=p1-q2-r3) untuk menyatakan pengurangan. Sama halnya dengan kelas pembagian, kelas pengurangan pada hakikatnya adalah kelas decesor atau turunan dari kelas perkalian, namun sebelum menjadi turunan dari kelas perkalian pada public clas pengurangan juga harus di ikuti dengan sintaks extends perkalian, untuk menunjukkan bahwa kelas pengurangan adalah turunan dari kelas perkalian.

“public class pengurangan extends perkalian”

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar di bawah

Untuk menampilkan hasil program ini pada saat running, dibuat satu kelas lagi, yaitu kelas dengan nama tampilkan. Dalam kelas ini ada empat integer (w, x, y, z) yang akan menjadi pengganti kelas perkalian, penambahan, pembagian, dan pengurangan. Dalam kelas tampilkan ini, dapat menampilkan kelas perkalian, pembagian, dan pengurangan dengan cara menambahkan objek, seperti pada gambar di bawah.

Sedangkan gambar di bawah ini menunjukkan angka yang akan difungsikan dalam kelas-kelas tadi.

Jika semua telah terpenuhi, maka program tinggal di running saja, dan hasil runningnya sudah ada di atas.

  1. B. Bagian Kedua Inheritance

a) Coding

Clas pangkat_2

Clas pangkat_4

Clas pangkat_5

Clas tampil2

b) Hasil Running

c) Analisa Program

Program ini merupakan program penurunan. Ada empat clas dalam program ini, semua clas itu dibuat pada package dan folder yang sama. Kelas pertama yaitu kelas “pangkat_2”, kelas ini merupakan kelas acesor atau kelas leluhur.

Dalam kelas pangkat_2 terdapat atribut yang berupa variabel integer “p dan Hasil”, variabel ini juga akan di tulis pada clas pangkat_4 dan pangkat_5. Selain itu terdapat juga integer pangkat2 dan pangkat3. Pada int “pangkat2” sintaks yang ditulis adalah pemangkatan yang dituliskan dengan sintaks (Hasil=p1*p1), sedangkan pada int “pangkat3” sintaks yang ditulis yaitu (Hasil=p1*p1*p1), dan untuk memunculkan pada saat running dituliskan sintaks “return Hasil”. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar di bawah.

Selanjutnya pada kelas pangkat_4, tidak perlu menuliskan lagi sintaks int pangkat2 dan int pangkat3, cukup menuliskan int pangkat4 (Hasil=p1*p1*p1*p1) untuk menyatakan pemangkatan empat. Karena pada hakikatnya kelas pangkat_4 adalah kelas decesor atau turunan dari kelas pangkat_2, namun sebelum menjadi turunan dari kelas pangkat_2 pada public clas pangkat_4 harus di ikuti dengan sintaks extends pangkat_2, untuk menunjukkan bahwa kelas pangkat_4 adalah turunan dari kelas pangkat_2.

“public class pangkat_4 extends pangkat_2”

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar di bawah

Selanjutnya pada kelas pangkat_5 dituliskan int pangkat5 (Hasil=p1*p1*p1*p1*p1) untuk menyatakan pemangkatan lima. Sama halnya dengan kelas pangkat_4, kelas pangkat_5 pada hakikatnya adalah kelas decesor atau turunan dari kelas pangkat_2, namun sebelum menjadi turunan dari kelas pangkat_2 pada public clas pangkat_5  juga harus di ikuti dengan sintaks extends pangkat_2, untuk menunjukkan bahwa kelas pangkat_5 adalah turunan dari kelas pangkat_5.

“public class pangkat_5 extends pangkat_2”

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar di bawah

Untuk menampilkan hasil program ini pada saat running, dibuat satu kelas lagi, yaitu kelas dengan nama tampil2. Dalam kelas ini ada empat integer (w, x, y, z) yang akan menjadi pengganti kelas pangkat_2, pangkat_3, pangkat_4, dan pangkat_5. Dalam kelas tampil2 ini, dapat menampilkan kelas pangkat_2, pangkat_4, dan pangkat_5 dengan cara menambahkan objek, seperti pada gambar di bawah.

Sedangkan gambar di bawah ini menunjukkan angka yang akan difungsikan dalam kelas-kelas tadi.

Jika semua telah terpenuhi, maka program tinggal di running saja, dan hasil runningnya sudah ada di atas.

POLYMORFISH

  1. A. Bagian Pertama Polymorfish

a) Coding

Clas sim_c

Clas tampil

 

b) Hasil Running

c) Analisa Program

Program ini dapat dikatakan sebagai program banyak bentuk. Dalam sebuah class dimungkinkan terdapat beberapa metode dengan nama yang sama, walaupun nama dan proses di dalamnya sama, tapi metode ini memiliki inputan argument yang berbeda. Sehingga sebuah objek dapat memanggil metode yang sama, tapi memberikan hasil yang berbeda.

Pada kelas sim_c di atas ada beberapa inputan argument berbeda yang digunakan yaitu integer (int), string, char, dan double. Penggunaan argument yang berbeda itu mempunyai arti tersendiri. Walaupun ada objek yang sama, tapi akan ditampilkan berbeda.

Dapat dilihat pada hasil runningnya yaitu, walaupun memanggil objek yang sama dalam hal ini objeknya “data”, tapi di tampilkan dalam bentuk yang berbeda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. B. Bagian Kedua Polymorfish

a) Coding

Clas struk_undian

Clas tampil

b) Hasil Running

c) Analisa Program

Pada kelas sim_c di atas ada beberapa inputan argument berbeda yang digunakan yaitu integer (int), string, char, dan double. Penggunaan argument yang berbeda itu mempunyai arti tersendiri. Walaupun ada objek yang sama, tapi akan ditampilkan berbeda.

Dapat dilihat pada hasil runningnya yaitu, walaupun memanggil objek yang sama dalam hal ini objeknya “data”, tapi di tampilkan dalam bentuk yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: