Proposal Usaha Oleh Kelompok I


RINGKASAN PROYEK

A. MANAJEMEN
• Nama Perusahaan : Jurusan Teknologi Pendidikan
• Bidang Usaha : Kreatif Multimedia
• Jumlah Karyawan/Tenaga Kerja : 7 (tujuh) orang

B. PEMASARAN
• Produk yang Dipasarkan : VCD Pembelajaran Penulisan Aksara Bali
• Sasaran Konsumen/Pembeli : Instansi Pendidikan (SD), Siswa-Siswi SD, Masyarakat Umum
• Wilayah Pemasaran : Kecamatan Buleleng
• Rencana Penjualan/Tahun : Dipasarkan di sekolah-sekolah
• Penetapan Harga Jual : Enam bulan pertama Rp, 25.000,-
Enam bulan kedua Rp, 30.000,-

C. PRODUKSI/OPERASI
• Kapasitas Produksi : 300 keping CD/tahun
• Ketersediaan Bahan Baku : Bahan baku untuk pembuatan VCD pembelajaran penulisan aksara bali sudah terpenuhi untuk jangka waktu satu tahun
• Fasilitas/Sarana Produksi : Komputer dan printe rsudah memenuhi.

D. KEUANGAN
• Total Pembiayaan Proyek : Rp, 5.525.000,-
• Penjualan per-Tahun (Rp) : Rp, 8.250.000,-
• Keuntungan per-Tahun (Rp) : Rp, 2.725.000,-

I. LATAR BELAKANG
1.1. Dasar Gagasan Usaha
1.1.1. Prospek Pasar
Melihat prospek pasar untuk usaha bidang ini sangat nyata dan terbuka lebar. Dapat diketahui bahwa guru yang menguasai aksara bali hanya sedikit. Dengan VCD ini dapat mengatasi masalah tersebut. Dengan menonton VCD Pembelajaran ini siswa dapat belajar aksara bali. Dengan alasan ini lah pembuatan VCD ini memiliki prospek pasar yang luas.
1.1.2. Manfaat Ekonomi
Manfaat ekonomi dari pembuatan VCD Pembelajaran Penulisan Aksara Bali ini diantaranya adalah menghemat pengeluaran sekolah ataupun siswa. Dengan VCD Pembelajaran ini, siswa atau guru dapat menghemat biaya pembelian buku yang harganya relatif lebih mahal dari CD ini.
1.1.3. Manfaat Sosial
VCD Pembelajaran Aksara Bali ini memiliki manfaat sosial, diantaranya adalah jika siswa atau siswi SD membeli VCD ini dan diputar dirumah, secara tidak langsung keluarganya juga akan ikut menonton dan belajar aksara bali lewat VCD ini. Mungkin saja orang tua, kakak, atau adiknya tidak bisa aksara bali, namun dengan VCD ini akan membantu hal tersebut. Karena keengganan atau rasa malu mereka untuk kursus atau belajar aksara bali, dengan VCD ini pula mereka dapat belajar.

1.2. Daftar Nama Anggota Kelompok
• Nama : Habib Masyhuri Aliridho
• NIM : 0711021036
• Jabatan : Ketua TIM

• Nama : Novilia Ayu Rahayu
• NIM : 0711021063
• Jabatan : Sekretaris

• Nama : I. Gst Ayu Ngurah Kusuma Ratih
• NIM : 0711021059
• Jabatan : Bendahara

• Nama : Made Sugianta
• NIM : 0711021039
• Jabatan : Staf Marketing

• Nama : Ida Made Yuda Permana
• NIM : 0711021040
• Jabatan : Staf Produksi

• Nama : I Kadek Dwipayana
• NIM : 0711021041
• Jabatan : Staf Perlengkapan

• Nama : Kadek Ariyuda Negara
• NIM : 0711021044
• Jabatan : Staf Inovasi

2. ASPEK PEMASARAN

2.1. Gambaran Umum Pasar
1. Jenis produk yang dipasarkan adalah berupa VCD Pembelajaran Penulisan Aksara Bali.
2. Wilayah Pemasaran mencakup daerah Kecamatan Buleleng.

2.2. Permintaan
2.2.1. Jumlah Permintaan Terhadap Produk
a. Sasaran Pembeli (konsumen)
Produk ini dipasarkan di Kecamatan Buleleng, dengan sasaran pembeli yaitu sekolah-sekolah dasar yang ada di Kecamatan Buleleng, siswa sekolah dasar, dan masyarakat umum.
b. Jumlah konsumen
Jumlah konsumen yaitu 50 SD yang tersebar di Kecamatan Buleleng.
c. Jumlah kebutuhan
Jumlah kebutuhan yaitu 250 keping CD, yang terdiri dari 50 SD masing-masing diharapkan membeli 5 keping CD.
d. Total Kebutuhan per-tahun
Total kebutuhan per-tahunnya adalah 300 keping CD.
2.2.2. Proyeksi Permintaan Selama 1 tahun Mendatang
Bulan Proyeksi Permintaan (dalam unit)
1. 6 bulan pertama 150 unit
2. 6 bulan kedua 150 unit

2.3. Strategi Pemasaran Perusahaan
Uraikan strategi pemasaran yang akan Anda lakukan
a. Produk (mutu, ukuran, kemasan, dll)
Mutu produk yang kami buat berkualitas baik, mudah dipahami, dan dimengerti oleh konsumen. Produk kami berbentuk VCD yang dapat diputar oleh siswa atau guru di sekolah maupun di rumah. Asalkan mempunyai televisi dan pemutar VCD.
b. Harga (harga satuan, syarat pembayaran, potongan, dll)
Harga satu keeping CD = Rp, 25.000,-
Syarat pembayaran = tunai dan kredit
(jika membeli 10 keping CD dengan pembayaran tunai mendapatkan bonus 1 keping CD, tidak berlaku untuk kredit)
c. Jalur Penjualan
Jalur penjualan yaitu dengan cara langsung mendatangi calon pembeli.

2.4. Metode Penjualan & Biaya promosi penjualan
Metode Promosi Wilayah Sebaran Biaya (Rp)
1. Metode langsung Kecamatan Buleleng Rp, 10.000,-

2.5. Penetapan Harga Jual
Bulan Harga Jual / Unit ( Rp )
1. 6 bulan pertama Rp, 25.000,-
2. 6 bulan kedua Rp, 30.000,-

3. ASPEK PRODUKSI
3.1. Produk
1. Uraikan ciri-ciri produk
Produk ini berbentuk CD.
2. Kegunaan Utama Produk
Produk ini memiliki kegunaan untuk membantu proses pembelajaran menulis aksara bali.

3.2. Proses Produksi
Skema/Bagan Alur Proses Produksi

3.3. Kapasitas Produksi
Bulan Rencana Produksi (dalam unit)
1. 6 bulan pertama 150 keping
2. 6 bulan kedua 150 keping

3.4. Mesin dan Peralatan
Nama Mesin & Perl. Merk Jumlah Harga Total
1. Komputer Pentium 4 ASUS Rp, 3.000.000,-
Satu paket
2. Printer Canon Rp, 500.000,- Rp, 3.500.000,-

3.5. Bahan Baku dan Bahan Pembantu
1. Bahan baku utama dan bahan pembantu yang diperlukan sesuai dengan Rencana Produksi tahun 1 :
Bahan Baku & Pemb. Jumlah Harga Total
1. CD 325 3.000 975.000
2. Tempat CD 300 3.000 900.000
3. Kertas 2 rim 25.000 50.000
4. Tinta 4 botol 25.000 100.000
JUMLAH 2.025.000

4. ASPEK ORGANISASI DAN SDM

4.1. Umum
1. Nama Perusahaan : Jurusan Teknologi Pendidikan
2. Nama Pemilik/Pimpinan : …………………………
3. Alamat Kantor dan Tempat Usaha : Jl. Udayana, Kampus Tengah Undiksha

4.1.1. Bagan/Struktur Organisasi

4.1.2. Uraian Jabatan
Jabatan Uraian Tugas
1. Ketua Tim Mengawasi jalannya proses produksi
2. Sekretaris Mencatat segala kegiatan produksi
3. Bendahara Memegang dan menyimpan uang perusahaan
4. Staf Marketing Mempromosikan dan menjual produk
5. Staf Produksi Melakukan proses produksi
6. Staf Perlengkapan Menyiapkan segala perlengkapan yang dibutuhkan
7. Staf Inovasi Mencari dan menemukan hal-hal baru dalam produksi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: